TUGAS
2 PRAKTIKUM
DASAR
PEMROGRAMAN
DASAR TEORI
1. Netbeans
Salah satu editor dalam java adalah
NetBeans. Editor ini luar biasa untuk membuat aplikasi java, karena didukung
dengan fasilitas drag and drop komponen,
yaitu dukungan Rapid Aplication Development (pemrograman berbasis
visual dan template). Satu hal lagi yang paling penting adalah produk ini free,
yang dibuat oleh Sun Microsystem. NetBeans juga memiliki IDE (Integrated
Development Environment), ada juga yang bilang Integrated Design
Environment dan Integrated Debugging Environment, yakni sebuah
program/alat bantu yang terdiri atas Editor, Compiler, Debugger
dan Design yang terintegrasi dalam satu aplikasi.
a.
Keunggulan Netbeans
1)
NetBeans GUI Builder GRATIS dengan ribuan plug
In yang bisa kita download langsung di website resminya, maupun dari pihak
ketiga.
2)
NetBeans GUI Builder sangat kompetebel dengan Swing
karena memang langsung dikembangkan oleh Sun Microsystem yang
notabenenya sebagai pengembang Swing.
3)
Netbeans tidak hanya dapat digunakan buat java
saja, karena Netbeans dapat di gunakan untuk bahasa pemograman lain seperti
C/C++, Ruby, dan PHP.
4)
NetBeans GUI Builder sangat cocok untuk
digunakan dalam pengembangan sistem berskala Enterprise.
5)
Pada paket tertentu, Netbeans juga menyertakan GlassFish
V2 UR2 dan Apache Tomcat 6.0.16
b.
Kelemahan Netbeans
1)
NetBeans hanya mensupport satu pengembangan Java
GUI, yaitu Swing, yang padahal ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse
yang bernama SWT dan JFace yang sudah cukup popular
2)
NetBeans mempatenkan source untuk Java
GUI yang sedang dikerjakan dalam sebuah Generated Code, sehingga
programmer tak dapat mengeditnya secara manual.
3)
Dari segi sumber daya, Netbeans memerlukan
sumber daya yang besar, seperti Memory dan ruang hard disk.
4)
Netbeans memerlukan dukungan prosesor yang cukup
handal untuk mendapatkan performa maksimalnya.
2. Eclipse
Menurut Nasruddin Safaath (Pemrograman aplikasi
mobeli smartphone dan tablet PC berbasis android 2012:16) Eclipse adalah
sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan
perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).
Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:
a.
Multi-platform:
Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux,
Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
b.
Mulit-language: Eclipse dikembangkan
dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung
pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++,
Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
c.
Multi-role: Selain sebagai IDE untuk
pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam
siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak,
pengembangan web, dan lain sebagainya.
Eclipse pada
saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source,
yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini.
Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah
kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang
dinamakan plug-in. Eclipse dibuat dari kerja sama antara
perusahaan-perusahaan anggota 'Eclipse Foundation' (beserta
individu-individu lain). Banyak nama besar yang ikut dalam 'Eclipse Foundation',
termasuk IBM, BEA, Intel, Nokia, Borland. Eclipse bersaing
langsung dengan Netbeans IDE. Plugin tambahan pada Eclipse jauh lebih
banyak dan bervariasi dibandingkan IDE lainnya.
a. IntelliJ
IDEA (commercial, free 30-day trial)
b. Oracle
JDeveloper (free)
c. Xinox
JCreator (ada versi berbayar maupun free)
Eclipse awalnya
dikembangkan oleh IBM untuk menggantikan perangkat lunak IBM Visual Age for
Java 4.0. Produk ini diluncurkan oleh IBM pada tanggal 5 November 2001,
yang menginvestasikan sebanyak US$ 40 juta untuk pengembangannya. Semenjak itu
konsursium Eclipse Foundation mengambil alih untuk pengembangan Eclipse
lebih lanjut dan pengaturan organisasinya. Sejak versi 3.0, Eclipse pada
dasarnya merupakan sebuah kernel, yang mengangkat plug-in. Apa yang
dapat digunakan di dalam Eclipse sebenarnya adalah fungsi dari plug-in
yang sudah diinstal. Ini merupakan basis dari Eclipse yang dinamakan
Rich Client Platform (RCP). Berikut ini adalah komponen yang membentuk
RCP:
a. Core
platform
b. OSGi
c. SWT
(Standard Widget Toolkit)
d. JFace
e. Eclipse Workbench
Secara standar Eclipse
selalu dilengkapi dengan JDT (Java Development Tools), plug-in yang
membuat Eclipse kompatibel untuk mengembangkan program Java, dan
PDE (Plug-in Development Environment) untuk mengembangkan plug-in baru.
Eclipse beserta plug-in-nya diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java.
Konsep Eclipse adalah IDE yang terbuka (open), mudah diperluas
(extensible) untuk apa saja, dan tidak untuk sesuatu yang spesifik. Jadi, Eclipse
tidak saja untuk mengembangkan program Java, akan tetapi dapat
digunakan untuk berbagai macam keperluan, cukup dengan menginstal plug-in yang
dibutuhkan. Apabila ingin mengembangkan program C/C++ terdapat plug-in
CDT (C/C++ Development Tools). Selain itu, pengembangan secara visual bukan
hal yang tidak mungkin oleh Eclipse, plug-in UML2 tersedia untuk
membuat Diagram UML. Dengan menggunakan PDE setiap orang bisa membuat plug-in
sesuai dengan keinginannya. Salah satu situs yang menawarkan plug-in secara
gratis seperti Eclipse downloads by project.
Sejak
tahun 2006, Eclipse Foundation mengkoordinasikan peluncuran Eclipse secara
rutin dan simultan yang dikenal dengan nama Simultaneous Release. Setiap versi
peluncuran terdiri dari Eclipse Platform dan juga sejUMLah proyek
yang terlibat dalam proyek Eclipse. Tujuan dari sistem ini adalah untuk
menyediakan distribusi Eclipse dengan fitur-fitur dan versi yang
terstandarisasi. Hal ini juga dimaksudkan untuk mempermudah Deployment dan
maintenance untuk sistem enterprise, serta untuk kenyamanan.Peluncuran
simultan dijadwalkan pada bulan Juni setiap tahunnya.
3.
Penulisan
Program Di Java,Input & Output
Pada NetBeans membuat
kode dasar untuk program Java Anda. Anda dapat menambah pernyataan-pernyataan
Anda pada kode yang telah di-generate. Pada sisi kiri jendela, Anda dapat
melihat daftar folder dan filefile yang dihasilkan NetBeans setelah membuat
sebuah project. Semua ini dapat Anda temukan dalam folder MYJAVAPROGRAMS Anda,
dimana Anda menetapkan lokasi project tersebut. Sekarang, cobalah memodifikasi
kode yang dihasilkan oleh NetBeans. Untuk saat ini abaikan bagian-bagian lain
dari program, detail dari kode tersebut akan dijelaskan pada bagian berikutnya.
Masukkan kode :
System.out.println("Hello
world!");
Setelah pernyataan, //TODO code
application logic here.
Untuk
menjalankan program Anda, klik pada Run->Run Main Project. Atau Anda juga dapat
menggunakan tombol shortcut untuk menjalankan program Anda
4.
Operator
Operator merupakan sebuah
karakter khusus yang digunakan untuk menghasilkan suatu nilai.
a.
Operator
Assigment ( Penugasan )
Operator
assignment dalam Java digunakan untuk memberikan sebuah nilai ke sebuah
variabel. Operator assignment hanya berupa ‘=’, namun selain itu dalam Java
dikenal beberapa shortcut assignment operator yang penting, yang
digambarkan dalam tabel berikut :
Contoh:
int a = 10;
a += 5;
System.out.println(a);
Hasil dari operasi += tersebut adalah 15. Hal ini dikarenakan a +=
5 sama dengan a = a + 5, dikarenakan a sebelumnya adalah 10, maka itu berarti a
= 10 + 5.
Jika akan melakukan penambahan atau pengurangan dengan nilai 1,
maka dapat dengan mudah menggunakan karakter ++ untuk penambahan atau -- untuk
pengurangan, misal :
int a = 10;
a--;
System.out.println(a);
Maka
hasilnya adalah 9.
b.
Operator
Matematika
Sama
halnya dengan semua bahasa pemrograman, Java menyediakan operator-operator
aritmatika atau matematika untuk manipulasi variabel data numerik.
Operator-operator tersebut antara lain :
Contoh :
int a = 10;
int b = 3;
int c = a / b;
System.out.println(c);
Hasil
dari kode program diatas adalah 3 bukan 3.333. Hal ini dikarenakan dalam Java
jika kita melakukan operasi pembagian dengan tipe data integer, maka
hasilnyapun akan integer, dan integer tidak dapat mengandung nilai koma dalam
Java, sehingga jika akan melakukan perkalian yang menghasilkan nilai koma, maka
harus menggunakan tipe data double atau float.
c.
Operator
pembanding
Operator
relasi dalam Java digunakan untuk menghasilkan nilai boolean yang sering
digunakan untuk mengatur alur jalannya sebuah program.
Hasil dari operasi pembanding adalah boolean. True jika operasi
pembanding tersebut benar, dan false jika operasi pembanding tersebut salah.
Contoh :
boolean a = 10 == 100;
System.out.println(a);
Hasil dari program diatas adalah false,
karena memang 10 tidak sama dengan 100.
d.
Operator
Logika
Operator
ini digunakan untuk ekspresi logik yang menghasilkan nilai boolean.
Operator-operator yang digunakan adalah AND ( && ), OR ( ¦ ¦ ) dan NOT
( ! ).
Operator
logika digunakan untuk membentuk suatu keadaan dari dua atau lebih kondisi
tertentu, operator logika biasanya digabungkan dengan operator pembanding.
Hasil dari operator logika adalah boolean.
Hasil
operasi logika dengan menggunakan && adalah sebagai berikut.
Hasil
operasi logika dengan menggunakan || adalah sebagai berikut.
Contoh.
boolean hasil = 10 == 100 || 100 == 100;
System.out.println(hasil);
Maka
hasilnya adalah true.
5.
Tingkatan
Operator
Java mempunyai aturan untuk menentukan urutan dimana operator di dalam
ekspresi dievaluasi ketika suatu ekspresi mempunyai beberapa operator (disebut
dengan operator precedence). Operator precedence adalah urutan evaluasi dimana
operator yang ada di suatu ekspresi akan dievaluasi berdasarkan aturan
prioritas yang ditentukan. Operator dengan prioritas lebih tinggi akan
dievaluasi terlebih dahulu dibandingkan dengan operator yang mempunyai
prioritas lebih rendah. Apabila beberapa operator di dalam ekspresi mempunyai
prioritas yang sama, maka operator akan dievaluasi berdasarkan asosiasi dari
operator tersebut (operator association).
Perhatikan contoh ekspresi numerik Java di
bawah ini.
5 +
20 * 2 – 20 / 2 + (10 - 2);
Java akan mengevaluasi ekspresi numerik
tersebut dengan urutan sebagai berikut:
1.
Ekspresi numerik yang terdapat di dalam
kurung buka tutup akan dievaluasi pertama kali karena mempunyai prioritas
paling tinggi dibandingkan dengan operator perkalian (*), pembagian (/),
penjumlahan (+) dan pengurangan (-) sehingga ekspresi numerik akan menjadi 5 +
20 * 2 – 20 / 2 + 8.
2.
Operator perkalian (*) dan pembagian (/) akan
dievaluasi berikutnya mulai dari kiri ke kanan karena memiliki prioritas yang
sama dan lebih tinggi dari operator penjumlahan (+) dan pengurangan (-)
sehingga ekspresi numerik menjadi 5 + 40 – 10 + 8.
3.
Operator penambahan dan pengurangan mempunyai
prioritas yang sama dan akan dievaluasi terakhir mulai dari kiri ke kanan
sehingga menghasilkan nilai 43.
6. Percabangan
(if, if....else, if...elseif...., switch)
Percabangan adalah suatu pilihan atau
opsi dengan kondisi tertentu. Jika kondisi yang menjadi syarat terpenuhi, maka
opsi atau pilihan dijalankan, jika tidak maka sebaliknya. Dalam java terdapat 4
macam jenis percabangan, if, if-else, if-else-if, dan juga switch. Keempat
jenis ini memiliki penggunaan masing-masing. Berikut penjelasan mengenai
penggunaan tiap-tiap percabangan :
a.
If
Pernyataan
if merupakan salah satu bentuk pernyataan yang berguna untuk mengambil
keputusan terhadap sebuah kemungkinan.
Bentuk
pernyataan if berupa :
if(kondisi){
// yang akan dijalankan
}
Contoh
int nilai = 10;
if(nilai == 10){
System.out.println("Sepuluh");
}
Jika program diatas dijalankan, maka hasilnya adalah tulisan “Sepuluh”
karena kondisi pada if bernilai true, jika kondisi bernilai salah, misal nilai
== 100, maka program tidak akan menghasilkan tulisan apa-apa.
b.
If-Else
Percabangan if-else merupakan percabangan yang sama dengan
percabangan if namun memiliki kondisi false, artinya jika kondisi pada if tidak
terpenuhi maka perintah pada else akan dijalankan.
Bentuk pernyataan if-else berupa :
if(kondisi){
// jalankan jika kondisi true
}else{
// jalankan jika kondisi false
}
Misal
int nilai = 8;
if(nilai == 10){
System.out.println("Sepuluh");
}else{
System.out.println("Bukan
Sepuluh");
}
Jika
program diatas dijalankan, maka hasilnya adalah tulisan “Bukan Sepuluh”, hal
ini dikarenakan nilai bernilai 8, bukan 10.
c.
If – Else – If
Percabangan if bersarang merupakan
gabungan beberapa if dan dapat pula digabung dengan if-else.
Bentuk
pernyataan if bersarang adalah sebagai berikut :
if(kondisi1){
//
perintah kondisi1
}else if(kondisi2){
// perintah kondisi2
}else if(kondisi3){
// perintah kondisi3
}else{
// perintah jika semua kondisi tidak ada yang benar
}
Contoh
int nilai =
6;
char index;
if(nilai
>= 8){
index =
'A';
}else
if(nilai >= 7){
index =
'B';
}else if(nilai
>= 6){
index =
'C';
}else
if(nilai >= 5){
index =
'D';
}else{
index =
'E';
}
System.out.println(index);
Jika
program diatas dijalankan, maka hasilnya adalah ‘C’.
SOAL
PRAKTIKUM
1.
Tuliskan algoritma untuk mencari sisi miring
dari suatu segitiga siku-siku jika diketahui diketahui panjang dua sisi yang
membentuk sudut siku-siku.
Petunjuk: sisi miring segitiga siku-siku dapat dihitung dengan
rumus pythagoras,
2.
Tuliskan algoritma untuk menampilkan banyaknya
pecahan uang paling efisien dari sejumlah uang yang di inputkan oleh pengguna.
Pecahan uang yang digunakan: 100.000, 50.000, 20.000,
10.000, 5.000, 2.000, 1.000, 500, 200, dan 100.
Contoh, untuk uang Rp 12.500, diperlukan 1 lembar 10.000, 1
lembar 2.000, dan 1 koin 500.
Input :
jumlah uang
Output :
banyaknya pecahan uang
3.
Buat algoritma untuk mengkonversi bilangan dalam
format desimal menjadi biner.
Input :
bilangan desimal
Output :
bilangan biner
4.
Untuk
menentukan bonus pegawai, berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh bagian
personalia dan keuangan sebagai berikut : Pegawai perusahaan digolongkan
menjadi dua golongan, yaitu staf dan non staf. Staf akan mendapatkan bonus
sebesar 1 juta rupiah dengan syarat bahwa ia telah bekerja paling tidak 5 tahun
dan umurnya sudah mencapai 50 tahun; staf yang bekerja kurang dari 5 tahun dan
berapapun umurnya, hanya mendapat bonus sebesar Rp. 500.000. Pegawai non staf
yang telah bekerja lebih dari 5 tahun akan mendapat bonus sebesar Rp. 400.000
jika berumur lebih dari 50 tahun sedangkan pegawai non staf yang berumur kurang
dari 50 tahun hanya mendapat bonus Rp. 250.000. Pegawai staf yang umurnya
kurang dari 50 tahun akan mendapat bonus Rp. 300.000.
Buat
algoritmanya?
5.
Tarif pemasangan iklan baris di sebuah Surat
Kabar ditentukan sebagai berikut :
-
Hari :
Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat, per baris Rp. 33.000,-
-
Hari :
Sabtu, per baris Rp. 40.000,-
Buatlah algoritma untuk
menghitung total biaya iklan baris yang harus dibayar oleh pengiklan.
Input : - Hari (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis,
Jumat atau Sabtu)
- Jumlah baris yang dipakai
Output : Total
biaya iklan yang harus dibayar pengiklan
Tuliskan algoritma untuk kasus diatas dalam
bentuk flowchart.
6.
Info Harga Tiket Masuk bioskop Surabaya City
adalah sebagai berikut :
-
Senin – Kamis :
Rp 15.000,-
-
Jumat s/d Minggu :
Rp 35.000,-
-
Hari Libur :
Rp 35.000,-
Input : - Hari (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis,
Jumat atau Sabtu)
- Libur atau Tidak Libur
- Jumlah tiket yang dibeli
Output : Total biaya tiket
Pertanyaan: Buat algoritma untuk menghitung total biaya tiket .
7.
Di sebuah perbelanjaan di Surabaya diadakan
Pekan Diskon, dimana perhitungan bonus dihitung bertingkat untuk total belanja
senilai :
-
Rp. 150.000,- diskonnya
: 10%
-
Rp. 275.000,- diskonnya
: 15%
-
Rp. 300.000,- diskonnya
: 20%
-
Rp. 400.000,-
ke atas diskonnya
: 25%
Diskon tidak dihitung sebagai
akumulasi dari diskon nilai belanja dibawahnya.
Buatlah algoritma untuk
menghitung berapa nilai yang harus dibayar oleh pelanggan dengan total nilai belanja
tertentu bila disertakan pula perhitungan diskonnya.
Input : Total nilai belanja.
Output : Nilai
Diskon (dalam rupiah/bukan persen), Nilai yang harus dibayar
8.
Berikut ini adalah ketentuan untuk menghitung
nilai, dan konversi menjadi nilai huruf.
Ketentuannya:
Nilai=((rata-rata
tugas*30%)+(UTC*30%)+(UAC*40%))
Input = tugas1,tugas2,tugas3,UTC,UAC
Output =
Nilai Akhir dan Nilai Huruf.
‘A’ jika nilai > 80 dan
nilai <= 100
‘AB’ jika nilai > 70 dan nilai <= 80
‘B’ jika nilai > 65 dan
nilai <= 70
‘BC’ jika nilai > 60 dan nilai
<= 65
‘C’ jika nilai > 55 dan
nilai <= 60
’D’ jika nilai > 40 dan
nilai <= 55
’E’ jika nilai > 0 dan
nilai <= 40
9.
Berikut ini adalah tarif pemakaian Air PDAM Kota
Surabaya
Jumlah Pemakaian (m3) Harga/m3
Pemakaian I ( <
50 m3) Rp. 200,-
Pemakaian
II ( 51 – 150 ) Rp.
500,-
Pemakaian
III ( 151 – 300 ) Rp. 1.000,-
Pemakaian
I V ( > 300 m3 ) Rp. 1.500,-
Input : Jumlah Pemakaian
Output : Besar biaya yang harus dibayar
Jumlah
Pemakaian = 500 m3
Pemakaian
I ( s/d 50
m3) Rp. 200,- * 50 = Rp. 10.000,-
Pemakaian
II ( 51 – 150 ) Rp.
500,- * 100 = Rp. 50.000,-
Pemakaian
III ( 151 – 300 ) Rp. 1.000,- * 150 = Rp. 150.000,-
Pemakaian
IV (
> 300 m3 ) Rp. 1.500,- * 200 = Rp. 300.000,-
Biaya Total Rp.
510.000,-
Pertanyaan: Buat algoritma untuk kasus diatas.
10.
Sebuah perusahaan kartu kredit memberikan cash
back kepada nasabahnya berdasarkan jumlah nilai pemakaian kartu kredit selama
sebulan.
Nilai
pemakaian cash back
--------------------- ----------
s.d
1.000.000 5%
1.000.000
– 10.000.000 6%
10.000.000
– 25.000.000 7%
Diatas
25.000.000 8%
Ilustrasi: seorang nasabah yang total
pemakaian selama sebulan 18.000.000, maka cash backnya=
5%x1.000.000+6%x9.000.000+7%x8.000.000 = 160.000
Buat algoritma untuk menghitung cash back yang diterima
nasabah berdasarkan nilai pemakaian kartu kredit.
FLOWCHART
1.
Flowchart untuk mencari sisi miring
dari suatu segitiga siku-siku
2.
Flowchart untuk menampilkan
banyaknya pecahan uang paling efisien dari sejumlah uang yang di inputkan oleh
pengguna.
3.
Flowchart untuk mengkonversi bilangan dalam format
desimal menjadi biner.
4. Bonus pegawai
5. Flowchart
untuk menghitung total biaya iklan baris yang harus dibayar oleh pengiklan.
6.
Flowchart untuk menghitung total
biaya tiket
7. Buatlah
algoritma untuk menghitung berapa nilai yang harus dibayar oleh pelanggan
dengan total nilai belanja tertentu bila disertakan pula perhitungan diskonnya.
8.
Flowchart untuk menghitung nilai, dan
konversi menjadi nilai huruf
9. Tarif pemakain
air PDAM Surabaya
10. Menghitung
cashback pemakaian kartu kredit
SOURCE
CODE & OUTPUT
1. Menghitung sisi miring segitiga siku-siku
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
import java.util.*;
/**
*
* @author ZAINUDDIN
*/
public class SegitigaSikuSiku
{
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
Scanner masuk = new
Scanner(System.in);
int a,b,c;
System.out.println("Mengitung
Panjang sisi miring Segitiga siku-siku");
System.out.print("Masukan Nilai
Alas : ");
a = masuk.nextInt();
System.out.print("Masukan Nilai
Tinggi : ");
b = masuk.nextInt();
c=((a*a)+(b*b));
System.out.println("Panjang sisi
miring segitiga siku-siku adalah = "+(Math.sqrt(c)));
}}
|
2. Pecahan Uang
/*
* To
change this template, choose Tools | Templates
*
and open the template in the editor.
*/
package pecahanuang;
import java.io.*;
/**
*
*
@author ZAINUDDIN
*/
public class PecahanUang {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
BufferedReader dataIn = new
BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
String i = "";
System.out.print("Masukkan Jumlah
Uang: Rp.");
try{
i = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
int JumlahUang = Integer.parseInt(i);//(mengubah integer
jumlah uang integer i)
int hitung = JumlahUang/100000;//(int
hitung = jumlah uang di bagi 100000)
int sisa= JumlahUang%100000;//(int sisa =
jumlah uang rata2 per100000)
int hitung2= sisa/50000;
int sisa2= JumlahUang%50000;
int hitung3= sisa2/20000;
int sisa3= JumlahUang%20000;
int hitung4= sisa3/10000;
int sisa4= JumlahUang%10000;
int hitung5= sisa4/5000;
int sisa5= JumlahUang%5000;
int hitung6= sisa5/2000;
int sisa6= JumlahUang%2000;
int hitung7= sisa6/1000;
int sisa7= JumlahUang%1000;
int hitung8= sisa7/500;
int sisa8= JumlahUang%500;
int hitung9= sisa8/100;
int sisa9= JumlahUang%100;
int hitung10= sisa9/50;
int sisa10= JumlahUang%50;
int hitung11= sisa10/25;
int sisa11= JumlahUang%25;
int hitung12= sisa11/5;
int sisa12= JumlahUang%5;
System.out.println("Jumlah Uang yang
anda Masukkan = Rp."+JumlahUang);
//(output hasil jumlah uang yang di
masukan)
System.out.println("\n\n===============================================");
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
100.000 Sebanyak: "+hitung);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
50.000 Sebanyak: "+hitung2);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
20.000 Sebanyak: "+hitung3);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
10.000 Sebanyak: "+hitung4);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
5.000 Sebanyak: "+hitung5);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
2.000 Sebanyak: "+hitung6);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
1.000 Sebanyak: "+hitung7);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
500 Sebanyak: "+hitung8);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
100 Sebanyak: "+hitung9);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
50 Sebanyak: "+hitung10);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
25 Sebanyak: "+hitung11);
System.out.println("Jumlah Uang Rp.
5 Sebanyak: "+hitung12);
System.out.println("===============================================");
}
}
|
3. Bilangan desimal
ke biner
/*
* To
change this template, choose Tools | Templates
*
and open the template in the editor.
*/
package bilbiner;
import java.io.*;
/**
*
*
@author ZAINUDDIN
*/
public class BilBiner {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
String angka = "";
System.out.print("Masukkan Bilangan
Desimal : ");
try{
angka = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
int desimal = Integer.parseInt(angka);
int temp = 0;
String biner = "";
while (desimal !=0)
{
temp = desimal % 2;
desimal = desimal /2;
angka = temp +angka ;
}
System.out.println("Hasil Bilangan
"+angka);
}
}
|
4. Bonus Pegawai
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
import java.io.*;
/**
*
* @author ZAINUDDIN
*/
public class BonusPegawai {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
BufferedReader dataIn = new
BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in)
);
String kerja= "";
String usia= "";
String pegawai= "";
try{
System.out.print("Masukkan
Lama Kerja : ");
kerja = dataIn.readLine();
System.out.print("Masukkan
Usia : ");
usia = dataIn.readLine();
System.out.print("staff
atau non staff : ");
pegawai = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
int massa =
Integer.parseInt(kerja);
int umur =
Integer.parseInt(usia);
if ("staff".equals(pegawai)
&& (massa>=5) && (umur>=50)){
System.out.println("Bonus anda
1.000.000");
}
else if ("staff".equals(pegawai)
&& (massa<5)){
System.out.println("Bonus anda
500.000");
}
else if ("staff".equals(pegawai)
&& (umur < 50)){
System.out.println("Bonus anda
300.000");
}
else if ("non
staff".equals(pegawai) && (massa>5) && (umur>50)){
System.out.println("Bonus anda 400.000");
}
else if ("non
staff".equals(pegawai) && (massa<5)){
System.out.println("Bonus anda
250.000");
}
else if ("non
staff".equals(pegawai) && (umur<50)){
System.out.println("Bonus anda
250.000");
}
else {
System.out.println("Maaf,
format status pegawai anda salah. Contoh = staff / non staff");
}
}
}
|
5. Tarif Pemasangan Iklan
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
import java.io.*;
/**
*
* @author ZAINUDDIN
*/
public class TayanganIklan {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
BufferedReader dataIn = new
BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in)
);
String hari= "";
String baris= "";
try{
System.out.print("Masukkan
Hari : ");
hari = dataIn.readLine();
System.out.print("Masukkan
jumlah baris : ");
baris = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
int total =
Integer.parseInt(baris);
if("Minggu".equals(hari)
|| "Senin".equals(hari) || "Selasa".equals(hari) ||
"Rabu".equals(hari) || "Kamis".equals(hari) ||
"Jumat".equals(hari)){
System.out.println("Total Biaya =
"+total * 33000);
}
else
if("Sabtu".equals(hari)){
System.out.println("Total Biaya =
"+total * 40000);
}
else {
System.out.println("Maaf, format
hari anda salah. Awal huruf pada hari harus huruf kapital. Contoh = Jumat
");
}
}
}
|
6. Info Harga Tiket Bioskop
/*
* To change
this template, choose Tools | Templates
* and open
the template in the editor.
*/
import java.util.*;
/**
*
* @author ZAINUDDIN
*/
public class TarifBioskop {
/**
* @param
args the command line arguments
*/
public
static void main(String[] args) {
Scanner dino = new Scanner(System.in);
Scanner jumlah = new Scanner(System.in);
Scanner libur = new Scanner(System.in);
int
tiket,hari,lib,a,b,c;
System.out.println("Harga tiket bioskop di Surabaya City");
System.out.println("- Senin – Kamis : Rp 15.000,-");
System.out.println("- Jumat s/d Minggu : Rp 35.000,-");
System.out.println("- Hari Libur : Rp 35.000,-");
System.out.println("\nINPUT");
System.out.println("1 = Senin | 2 = Selasa | 3 = Rabu");
System.out.println("4 = Kamis | 5 = Jumat | 6 = Sabtu | 7 =
Minggu ");
System.out.println("8 = Hari Libur | 9 = Bukan Hari Libur");
System.out.print("\nMasukan Hari = ");
hari =
dino.nextInt();
System.out.print("Jumlah Tiket = ");
tiket
= jumlah.nextInt();
System.out.print("Apakah hari libur = ");
lib =
libur.nextInt();
a =
tiket * 15000;
b =
tiket * 35000;
if
(hari == 1 && lib != 8 || hari == 2 && lib != 8 || hari == 3
&& lib != 8 || hari == 4 && lib != 8 ){
System.out.println("Total yang harus dibayar adalah = "+a);
}
else
if (hari == 1 && lib == 8 || hari == 2 && lib == 8 || hari ==
3 && lib == 8 || hari == 4 && lib == 8){
System.out.println("Total yang harus dibayar adalah = "+b);
}
else
if (hari == 5 || hari == 6 || hari ==
7)
{
System.out.println("Total yang harus dibayar adalah = "+b);
}
}
}
|
7. Diskon Belanja
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
import java.util.*;
/**
*
* @author ZAINUDDIN
*/
public class DiskonBelanja {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
Scanner belanja = new
Scanner(System.in);
double total,diskon,bayar;
System.out.print("Total Belanja
: ");
total = belanja.nextInt();
if(total<150000){
diskon= total * 0;
bayar=total-diskon;
System.out.print("Diskon =
"+diskon);
System.out.print("\nYang
harus dibayar = "+bayar);
}
else if(total<275000){
diskon= total * 0.1;
bayar=total-diskon;
System.out.print("Diskon =
"+diskon);
System.out.print("\nYang
harus dibayar = "+bayar);
}
else if(total<300000){
diskon= total * 0.15;
bayar=total-diskon;
System.out.print("Diskon =
"+diskon);
System.out.print("\nYang
harus dibayar = "+bayar);
}
else if(total<400000){
diskon= total * 0.20;
bayar=total-diskon;
System.out.print("Diskon =
"+diskon);
System.out.print("\nYang
harus dibayar = "+bayar);
}
else {
diskon= total * 0.25;
bayar=total-diskon;
System.out.print("Diskon =
"+diskon);
System.out.print("\nYang
harus dibayar = "+bayar);
}
}
}
|
8. Menghitung nilai
dan konversi nilai menjadi huruf
/*
* To change
this template, choose Tools | Templates
* and open
the template in the editor.
*/
import java.util.*;
/**
*
* @author ZAINUDDIN
*/
public class KonversiNilai {
/**
* @param
args the command line arguments
*/
public
static void main(String[] args) {
Scanner tugas1 = new Scanner(System.in);
Scanner tugas2 = new Scanner(System.in);
Scanner tugas3 = new Scanner(System.in);
Scanner yutc = new Scanner(System.in);
Scanner yuac = new Scanner(System.in);
int tgs1,tgs2,tgs3,utc,uac,rata;
double
nilai;
System.out.print("\nMasukkan Nilai Tugas 1 = ");
tgs1 =
tugas1.nextInt();
System.out.print("Masukkan Nilai Tugas 2 = ");
tgs2 =
tugas2.nextInt();
System.out.print("Masukkan
Nilai Tugas 3 = ");
tgs3 =
tugas3.nextInt();
System.out.print("Masukkan Nilai UTC = ");
utc =
yutc.nextInt();
System.out.print("Masukkan Nilai UAC = ");
uac = yuac.nextInt();
rata =
(tgs1+tgs2+tgs3)/3;
nilai=((rata*0.3)+(utc*0.3)+(uac*0.4));
if
(nilai > 80 && nilai <=100){
System.out.println("Nilai anda adalah A");
}
else
if (nilai > 70 && nilai <=80){
System.out.println("Nilai anda adalah AB");
}
else
if (nilai > 65 && nilai <=70){
System.out.println("Nilai anda adalah B");
}
else
if (nilai > 60 && nilai <=65){
System.out.println("Nilai anda adalah BC");
}
else
if (nilai > 55 && nilai <=60){
System.out.println("Nilai anda adalah C");
}
else
if (nilai > 40 && nilai <=50){
System.out.println("Nilai anda adalah D");
}
else
if (nilai > 0 && nilai <=40){
System.out.println("Nilai anda adalah E");
}
}
}
|
9. Tarif pemakain
air PDAM Surabaya
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
import java.util.*;
/**
*
* @author ZAINUDDIN
*/
public class AirPDAM {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
Scanner pemakaian = new
Scanner(System.in);
double air;
System.out.print("Jumlah
Pemakaian : ");
air = pemakaian.nextInt();
if (air < 0){
System.out.print("Biaya total
: "+air*0);
}
else if (air <= 50){
System.out.print("Biaya
total : "+air*200);
}
else if (air <= 150){
System.out.print("Biaya
total : "+((50*200)+((air-50)*500)));
}
else if (air <= 300){
System.out.print("Biaya
total : "+((50*200)+(100*500)+((air-150)*1000)));
}
else {
System.out.print("Biaya
total : "+((50*200)+(100*500)+(150 * 1000)+((air-300)*1500)));
}
}}
|
10. Menghitung cashback pemakaian kartu kredit
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates
* and open the template in the editor.
*/
import java.util.*;
import
java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import
java.io.InputStreamReader;
import
java.text.DecimalFormat;
import java.text.DecimalFormatSymbols;
/**
*
* @author ZAINUDDIN
*/
public class NUM10 {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
String str_pemakaian ="";
int pemakaian1=0;
int pemakaian2=0;
int pemakaian3=0;
int pemakaian4=0;
int cash_back_total=0;
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in) ); System.out.print("Masukkan jumlah pemakaian credit Card: "+str_pemakaian+""); try{ str_pemakaian = dataIn.readLine(); }catch( IOException e ){ System.out.println("Error!"); } if(str_pemakaian.length()>0)
{
int jml_pemakaian = Integer.parseInt(str_pemakaian); pemakaian1=1000000; if(jml_pemakaian<=1000000){ pemakaian1=jml_pemakaian;
}
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar